Tiga Mitra Mandiri – Dapur merupakan ruangan di rumah yang seringkali kotor. Hal ini dikarenakan dapur merupakan tempat untuk memasak masakan bagi seluruh anggota keluarga. Agar tercipta dapur yang nyaman, pastinya harus segera dibersihkan secara segera mungkin. Jika tidak dibersihkan secara teratur, maka dapur akan berubah menjadi ruangan terkotor di rumah. Untuk membersihkan dapur, mungkin dibutuhkan waktu yang lama, tetapi pernahkah Anda membersihkan dapur dengan waktu singkat? Inilah cara dan tips membersihkan dapur dengan cepat dan singkat.

Membersihkan Meja dan Wastafel
Untuk membersihkan dapur, sebenarnya ada beberapa komponen penting saja yang membutuhkan perhatian lebih. Anda harus cerdas dalam memilih perabotan di dapur yang harus dibersihkan apabila Anda ingin membersihkan dapur dengan cepat. Anda bisa membuat dapur bersih kinclong hanya dalam waktu 15 menit dengan membersihkan meja dan wastafel. Kedua benda ini memang memiliki peranan penting di dapur untuk meletakkan berbagai bahan dan perabotan kotor. Sebisa mungkin meja dan wastafel menjadi fokus pertama untuk membersihkan dapur dengan cepat. Meja dan wastafel dibersihkan dengan cair disinfektan khusus dengan cara menyemprotkan agar kuman dan bakteri tidak berkembang. Pastikan bahwa disinfektan bisa membunuh pertumbuhan virus dan bakteri. Saat membersihkan wastafel, jangan lupa untuk menggosok bak wastafel dengan spons atau lap dan air. Kemudian, keringkanlah wastafel itu.

Menyapu dan Mengepel Lantai

Tips membersihkan dapur dengan cepat lainnya adalah dengan membersihkan lantai. Dengan aktivitas dapur yang padat, pastinya lantai akan menjadi bagian dapur yang paling kotor karena terkena cipratan minyak, air, dan bahan-bahan masakan lainnya. Jangan menunggu waktu lama untuk membersihkannya. Ambillah sapu dan bersihkan lantai dapur segera. Mengepel lantai dapur adalah cara membersihkan dapur selanjutnya. Pastikan lantai dapur dipel hingga kering dan kotoran yang menempel di lantai diambil. Agar lantai cepat kering setelah dipel, peraslah air terlebih dahulu.

Bersihkan Lemari Es

Lemari es menjadi perabotan selanjutnya yang harus dibersihkan. Jangan lupa untuk mengambil lap yang sudah diberi cairan antibakteri untuk membersihkan pegangan lemari es. Lemari es ini sering kali menjadi tempat potensial perkembangan bakteri dan virus yang membahayakan kesehatan keluarga. Jika Anda mempunyai waktu lebih lama, Anda bisa menguras kulkas dan membersihkan bagtian dalam kulkas dengan lebih detail lagi. Pakailah tiga sendok makan sudah kue yang dicampur dengan empat cangkir air hangat untuk membersihkannya. Beberapa peralatan memasak juga bisa dibersihkan dan disimpan di tempat yang selayaknya.

Mencuci Rak Penyimpanan di Dapur

Jika Anda masih mempunyai waktu longgar lagi, Anda bisa bekerja dengan kilat untuk membersihkan rak penyimpanan atau cabinet yang berada di dalam dapur. Pembersihan ini dimaksudkan agar rak bebas dari bakteri dan tetap steril. Bersihkan rak dari atas ke bawah dengan menggunakan spons yang sudah direndam terlebih dahulu di dalam air hangat dan cairan pencuci piring. Apabila rak itu terbuat dari kayu, Anda bisa membuatnya kinclong dengan cairan khusus pembersih kayu. Itulah tadi beberapa tips yang harus dilakukan untuk membersihkan dapur dengan cepat dan mudah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: