Tiga Mitra Mandiri – Tagihan listrik yang terus membengkak tentunya membuat pusing. Mungkin Anda salah satunya yang selama ini mencari informasi atau berusaha untuk mengurangi penggunaan kebutuhan energi di rumah. Sehingga tagihan listrik bisa dipangkas lebih rendah. Tapi sayangnya belum optimal atau menganggapnya masih begitu tinggi atau tidak hemat, lalu bagaimana cara agar hemat listrik?

Mematikan penghangat dan pendingin ruangan

Bagi masyarakat Indonesia mungkin penggunaan penghangat ruangan tidak begitu familiar atau jarang digunakan. Karena yang lebih sering digunakan adalah pendingin ruangan atau AC. Agar lebih menghemat penggunaan listrik, sebaiknya hidupkan kedua peralatan tersebut kala sangat diperlukan saja. Apalagi berada di dalam ruangan ber-AC terlalu lama kurang begitu bagus untuk kesehatan, karena bisa mengakibatkan kulit mudah kering.

Mematikan peralatan elektronik

Segala barang yang berhubungan dengan teknologi bisa menambah tagihan listrik. Gadget sangat berkontribusi besar dalam meningkatkan konsumsi energi listrik semakin besar. Karena saat tidak dihidupkan saja, berbagai benda elektronik tersebut tetap akan tetap menjadikan tagihan listrik bertambah. Oleh karenanya membiarkan televisi dalam kondisi stand by dan perangkat elektronik lainnya hanya akan mengakibatkan tagihan listrik semakin membengkak.

Jadi ketika memang tidak ingin melihat televisi lagi, maka sebaiknya mematikannya dengan menekan tombol off. Hal ini juga bisa diterapkan juga pada perangkat Personal Computer. Cabut semua kabel yang dicolokkan pada stop contact, karena kalau kabel masih terpasang listrik akan terus mengalir. Kalau akan tidur atau mau keluar rumah pastikan segala peralatan elektronik sudah dimatikan. Mematikan alat elekronik saat tidak diperlukan adalah cara agar hemat listrik yang sangat efektif.

Mengganti lampu biasa dengan lampu LED

Lampu LED setidaknya memiliki dua keunggulan daripada lampu biasa. Lampu LED ini terbukti lebih hemat listrik dan lebih awet atau tahan lama. Memang harga jualnya lebih mahal dibandingkan lampu biasa, tapi sebenarnya Anda bisa menghemat dalam jangka waktu yang lebih lama. Mungkin selama ini banyak orang yang tidak menyadarinya.

Membeli lampu biasa memang lebih murah harganya, tapi menyedot listrik lebih besar dan cepat rusak. Sehingga dalam waktu yang lebih singkat harus segera mengganti lampu. Kondisi ini sebenarnya sangat merugikan Anda, karena kebutuhan untuk membayar listrik dan membeli lampu baru lebih besar.

Salah satu tips lain untuk menghemat pemakaian lampu adalah mengatur ulang tata pencahayaan di dalam rumah. Sebagai contoh membuat jendela yang memadai, sehingga sebuah ruangan bisa mendapatkan cahaya yang lebih besar saat siang hari. Sehingga bisa menghemat penggunaan lampu di siang hari dan merupakan cara agar hemat listrik. Selain itu, sebelum seluruh anggota keluarga akan pergi tidur, pastikan semua lampu yang kurang penting harus sudah dimatikan.

Setelah Anda membaca artikel di Tiga Mitra Mandiri tentang cara tepat untuk menghemat listrik di rumah, mungkin kami bisa membantu Anda untuk dekorasi serta kelengkapan furniture, untuk lebih detail ataupun pertanyaan-pertanyaan seputar furniture, bisa dengan tinggalkan komentar di kolom komentar bawah atau hubungan kami di:

TELP/WA/SMS : 082297788549 – 085719590037
Email : sales@tigamitramandiri.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: