HPL atau High Pressure Laminate merupakan salah satu bahan finishing digunakan untuk produk mebel dan permukaan interior furniture yang sangat populer saat ini. Namun sebelum anda memilih HPL sebagai bahan finishing furniture anda, alangkah baiknya anda mengetahui terlebih dahulu kelebihan dan kekurangan dari bahan tersebut.

Artikel ini saya tulis sesuai dengan pengalaman saya selama mengerjakan berbagai jenis furniture mulai dari lemari pakaian, kitchen set, meja meeting, meja kantor, backdrop tv, rak buku, dll. Perlu anda ketahui bahwa anda banyak sekali merek dari HPL, namun saya biasa menggunakan merek HPL by TACO karena memiliki kualitas yang cukup baik dengan harga yang standart. Banyak sekali merek HPL yang lebih murah namun memiliki kualitas yang kurang baik.

Selanjutnya, akan saya jelaskan kelebihan dan kekurangan Finishing HPL sebagai berikut :

KELEBIHAN FINISHING HPL

1. Anti Air

Permukaaan HPL tidak akan berubah warna atau rusak jika terkena air atau minyak.

2. Tahan Gores

Tahan gores bukan berarti anti gores. Jadi permukaan HPL memiliki ketahanan yang cukup kuat dari goresan atau senggolan benda tajam sehingga tampilan HPL akan tetap sama dalam waktu yang lama.

3. Harga Ekonomis

HPL memiliki tampilan yang rapi, cantik, dan elegan. Namun harga dari HPL sendiri sangatlah terjangkau.

4. Perawatan Sangat Mudah

Tidak perlu ribet untuk merawat HPL. Cukup dibersihkan dan dilap dengan air atau cairan pembersih HPL yang tersedia dipasaran.

5. Mudah Di perbaiki

Jika HPL compel atau retak, anda bisa melepasnya dengan bantuan thiner dan mengganti dengan lapisan HPL yang baru. Anda bisa menghubungi tukang furniture.

6. Banyak Pilihan Warna dan Motif

HPL memiliki banyak pilihan warna dan motif, anda bisa memilih sesuai selera atau sesuai dengan warna ruangan anda.

7. Proses Pengerjaan yang Relatif Cepat

Furniture dengan Finishing HPL hanya membutuhkan waktu yang tidak cukup lama dalam proses pengerjaan. Sehingga anda tidak perlu khawatir menuggu lama jika memesan produk jenis ini.

 

KEKURANGAN HPL

1. Tidak Terlalu Tahan Panas

Sampai waktu tertentu HPL akan tahan dengan suhu Hangat atau Panas. Namun karena HPL ditempel oleh lem, lama kelamaan jika lem terus menerus terus menerus terkena suhu panas, maka daya rekat lem akan berkurang dan mengakibatkan lapisan HPL lepas atau menggelembung. Namun hal ini tidak akan terjadi jika HPL dijauhkan dari sumber panas.

2. Warna Dasar Gelap

Warna dasar dari HPL adalah warna Gelap (Hitam atau Coklat Tua). Jadi pada pojok-pojok furniture sering terlihat warna hitas apalagi jika HPL yang berwarna terang. Namun hal ini bisa diatasi dengan menggunakan cat pada pojok pojok furniture sesuai dengan warna HPL.

3. Tidak Cocok untuk Outdoor

Berhubung Furniture Finishing HPL tidak cocok terhadap suhu panas maka tidak cocok diletakkan diluar ruangan.

 

Baca Juga :

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: