Tiga Mitra Mandiri – Karpet bulu selain nyaman dipandang karena efek bulu-bulunya, juga karena kelembutan yang dihasilkannya. Selain itu, ternyata karpet bulu juga dapat meredam suara dan menjadikan suara lebih indah. Namun, keindahan karpet bulu juga harus diimbangi dengan perawatan ekstra. Pasalnya, karpet yang terkesan mewah itu memiliki ronggarongga di sela-sela bulunya sehingga bisa menjadi tempat bersarangnya debu dan kutu. Selain itu, karpet bulu juga menyerap air sehingga membuat ruang menjadi lembab. Apalagi, jika ada makanan atau minuman yang menodainya, pembersihan khusus perlu dilakukan.

Apakah Anda mempunyai karpet bulu di rumah? Karpet berbahan bulu ini biasanya mempunyai permukaan halus dan lembut sehingga sangat nyaman untuk dipergunakan. Selain itu, karpet bulu juga lebih indah dan menarik untuk dilihat dibandingkan dengan jenis karpet biasa.  Kegunaan karpet ini biasanya untuk sekedar duduk-duduk dan tiduran santai.

Karpet berbahan bulu ini lebih sering diletakkan pada kamar tidur, ruang keluarga ataupun ruang tamu untuk meningkatkan keindahan dekorasi ruangan. Tetapi, sebenarnya karpet ini juga memiliki kelemahan yaitu lebih mudah kotor dan menyimpan debu. Oleh karena itu, perhatikan cara perawatan dan pembersihannya. Inilah beberapa tips untuk menjaga karpet berbahan bulu lebih awet dan tahan lama untuk digunakan.

Mencuci dengan Produk Khusus

Untuk menjaga ketahanan dan kualitas karpet berbahan bulu, Anda harus melakukan perawatan sehari-hari untuk menjaga kebersihannya. Caranya adalah cukup dengan membersihkan dengan vacuum cleaner minimal sekali dalam seminggu. Sebaiknya lebih memfokuskan pada area atau bagian karpet bulu yang sering terlewati oleh orang karena biasanya kotoran dan debu menempel banyak di bagian tersebut. Tapi bukan berarti bagian tersembunyi dari karpet ini juga luput dari kotoran.

Apabila karpet tersebut dirasa sudah cukup kotor, segera cucilah karpet itu. Sebelum mencuci, sebaiknya Anda menggantungnya pada pagar ataupun tiang jemuran. Kemudian, gunakanlah sikat ataupun sisir khusus yang bisa digunakan untuk merontokkan kotoran dan debu yang menempel. Untuk mencuci karpet tersebut, Anda bisa memanfaatkan mesin cuci apabila ukurannya tidak terlalu besar. Jika ukurannya besar, sebaiknya cucilah dengan manual alias tangan. Kemudian, gunakanlah shampoo dan kondisioner khusus untuk karpet dimaksudkan agar bulu-bulu karpet tetap lembut dan halus. Pastikan juga bahwa Anda tak menggunakan air panas saat mencucinya karena akan membuat karpet bulu rusak.

Menghindari Sinar Matahari Secara Langsung

Cara selanjutnya untuk menjaga keawetan karpet berbulu adalah dengan menghindari penjemuran karpet secara langsung dibawah sinar matahari.Pilihlah lokasi penjemuran di tempat yang tak terlalu panas atau kena sinar matahari secara langsung. Sinar matahari bisa merusak tekstur dan kualitas bulu pada karpet.Kemudian, sisirlah permukaan karpet agar bulu-bulunya tidak saling menggumpal dan tentu saja segera kering.

Menggunakan Kaos Kaki Ketika Menginjak Karpet

Karpet berbahan bulu memang membutuhkan perawatan dan perilaku ekstra agar terjamin ketahanannya. Jika Anda belum sempat mencuci kaki, ada baiknya jangan menginjak karpet berbulu dengan kaki telanjang. Kok bisa? Kaki kotor biasanya berkeringat dan berminyak yang bisa menempel pada karpet sehingga bisa mendatangkan debu dan kotoran. Pakailah kaos kaki atau slippers ketika Anda memutuskan untuk menginjak karpet berbahan bulu tersebut.

Menghindari Karpet Basah

Anda juga harus menjaga kondisi karpet senantiasa kering. Apabila karpet kena makanan dan minuman, sebaiknya segera dibersihkan. Saat Anda ingin mengepel, gulunglah karpet dan segera pindahkan. Anda bisa menaruh karpet bulu itu kembali setelah lantai benar-benar kering. Apabila Anda tak menginginkan pemasangan karpet, sebaiknya karpet digulung saat penyimpannya. Jangan biarkan karpet lembab ataupun basah karena bisa berjamur.

Nah setelah membaca dan mengetahui tips di atas, ternyata tidak mudah merawat dan membersihkan karpet bulu ya, semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: