1. Ukuran Meja

 

Sebelum Anda membeli meja ukur terlebih dahulu ruangan anda. Karena kesalahan yang sering terjadi yaitu orang membeli meja yang membuat ruang makan mereka terlihat sempit dan tidak nyaman. Anda akan sering menggunakan meja dan kursi dalam keseharian, maka jangan sampai ruangan yang sempit membuat anda susah untuk bergerak dengan leluasa.

Hal lain yang perlu diperhatikan terkait ukuran meja adalah berapa jumlah orang yang akan menggunakan meja tersebut. Idealnya adalah jumlah anggota keluarga anda ditambah dua orang tamu bila memungkinkan. Namun jika ruang yang anda miliki tidak terlalu luas, cukuplah meja dengan 4 kursi menjadi ukuran minimumnya.

Jangan lupakan mengenai tinggi meja. Karena sering kita menemukan meja yang terlalu tinggi atau terlalu rendah akan membuat penggunanya tidak nyaman.

 

  1. Bahan material

Ada banyak bahan yang digunakan untuk meja makan mulai dari kayu, marmer, batu tulis, kaca, fiber dan lainnya. Namun sering juga kita jumpai meja yang terbuat dari campuran jenis material sebagai variasinya. Selain itu perhatikan juga finishing serta pewarnaan meja tersebut.

Jika anda memiliki anak-anak yang sering menumpahkan sesuatu di atas meja, memilih meja kayu dengan finishing standar adalah sebuah kesalahan besar. Karena material kayu memiliki kesulitan yang tinggi untuk dibersihkan jika finisihingnya tidak tepat. Sebaliknya, bila anda ingin meja makan yang membutuhkan sedikit perawatan, pilihlah material seperti marmer dipoles atau kaca. Kedua bahan tersebut tidak akan mudah terkena noda, tetesan makanan dan tentunya dapat dengan mudah dibersihkan.

Untuk kualitas meja yang memiliki daya tahan yang lebih lama, pilihlah material yang keras seperti marmer atau kayu jati. Orang-orang jaman dahulu telah membuktikan hal ini dengan banyaknya penggunaan material tersebut pada furniture rumah terutama meja makan.

 

  1. Model meja

Seiring berkembangnya desain furniture maka makin banyak pula model atau gaya meja makan saat ini. Tapi kita bisa melihat pada beberapa pilihan yang umum dan populer di pasaran.

Meja makan tradisional oval adalah pilihan klasik, indah dan tak lekang dimakan zaman. Umumnya meja tradisional terbuat dari kayu jati atau lainnya. Bahkan bagi sebagian orang meja jati ini bisa menjadi investasi jangka panjang. Meja jenis ini juga bersifat praktis karena dibutuhkan lebih sedikit ruang, tetapi dapat diperluas untuk menyesuaikan lebih banyak orang.

Model lain yang umum ialah meja persegi. Meja jenis ini sangat cocok untuk berbagai jenis bentuk ruangan. Simpel dan mudah diatur tentunya. Model persegi juga dapat dipadukan dengan berbagai bentuk kursi. Mulai dari kursi persegi modern, kursi model vintage hingga kursi penuh variasi.

Tema alam natural & modern telah menjadi pilihan populer dalam beberapa tahun terakhir. Seiring dengan para pemilik rumah yang beralih ke tema alam di rumah-rumah modern mereka. Bentuknya biasanya persegi panjang, dan pilihan populer material kayu usang. Namun, untuk perpaduan sempurna dari pedesaan dan modern, orang memilih untuk campuran logam dan kayu.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: