Tiga MItra Mandiri – Mengkoleksi buku dan mempunyai sebuah perpustakaan pribadi di rumah mungkin saja menjadi obsesi bagi sebagian orang. Tetapi sepertinya kurang pas jika koleksi buku yang sudah Anda miliki tidak ditata dengan benar atau hanya menggunakan rak buku biasa dan membosankan.

Perpustakaan rumah tidak hanya sekedar menjadi tempat untuk menyimpan buku – buku koleksi Anda. Di ruang tersebut, Anda juga akan menghabiskan waktu yang cukup lama untuk membaca. Oleh sebab itu ruangan ini juga harus didesain senyaman mungkin untuk membuat Anda merasa betah berlama – lama membaca di ruangan ini.

Ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan untuk membuat perpustakaan di rumah terlihat indah. Berikut ini adalah beberapa tips membuat perpustakaan pribadi di rumah seperti dilansir dari situs Rumah.com.

Memilih Warna Rak Buku yang Tepat

Banyak orang yang lebih memilih rak dengan mempertahankan warna kayu untuk perpustakaan. Sebaliknya, Anda sebaiknya meninggalkan warna – warna kayu ketika memilih warna untuk rak buku. Pasalnya, warna kayu terlihat biasa – biasa saja dan membosankan karena sudah sangat umum.

Anda dapat memilih rak dengan warna gelap atau warna yang berani. Selain itu, tambahkan juga aksen berwarna metalik atau pernis mengkilap untuk finishing. Cara ini dapat membantu menghilangkan kesan yang suram pada suasana perpustakaan rumah dan menjadikannya sebagai tempat yang menarik untuk jongkok.

Rak Buku Bentuk Unik

Rak buku umumnya memanjang berbentuk persegi panjang dan bertingkat – tingkat. Supaya bentuk rak buku tersebut tidak terlihat membosankan, Anda bisa mengubah bentuk kotak dari rak buku dengan cara membuat pola berbentuk segi enam atau bentuk unik lainnya yang tidak lazim.

Pengecatan sebagai sentuhan akhir akan menyempurnakan tampilan rak buku Anda. Hal ini adalah cara yang paling mudah dan murah untuk memperoleh tampilan baru untuk perpustakaan di rumah Anda.

Rak Buku di Tiap Ruang

Jika keadaan memungkinkan, Anda dapat membuat rak buku di tiap ruang rumah Anda. Hal ini sebenarnya merupakan cara untuk memanfaatkan lagi ruang – ruang yang tidak digunakan. Buatlah rak buku custom dengan memilih desain yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

Supaya rak buku tersebut tidak terlihat monoton dan membosankan, Anda dapat memasukkan bingkai foto, vas bunga atau hiasan lainnya ke dalam rak tersebut sehingga rak tersebut tidak hanya berisi buku saja.

Kembali ke ruang perpustakaan rumah, jangan lupa untuk menempatkan kursi baca yang nyaman untuk Anda. Selain suasana yang mendukung, kursi yang nyaman juga menjadi faktor penentu kenyamanan orang yang membaca di ruangan ini. Jika kursi yang digunakan tidak nyaman, tentu Anda sendiri juga tidak akan betah berlama – lama membaca di sana. Sebaliknya, kursi yang nyaman dengan sandaran dan empuk akan terasa lebih menyenangkan untuk membaca.

Nah setelah membaca tips di atas tadi semoga dapat menambah inspirasi dalam mebuat perpustakaan di dalam rumah, smoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: