Kelebihan dan Kekurangan Plywood
09/10/2020
6 Konsep Kitchen Set Paling Favorit
09/17/2020

Kelebihan dan Kekurangan Finishing HPL

HPL (High Pressure Laminate) merupakan laminasi dengan tekanan tinggi yang biasa digunakan sebagai finishing dalam produk mebel atau permukaan interior furniture. Seperti produk kitchen set, kabinet, dan interior furniture lainnya. Dewasa ini, HPL menjadi bahan finishing yang paling populer untuk produk furniture dan dekorasi interior karena meningkatnya bahan yang ramah lingkungan.

Sebelum anda memutuskan untuk menggunakan HPL, sebaiknya perhatikan kekurangan dan kelebihannya. Artikel ini saya tulis sesuai dengan pengalaman pribadi saya sebagai jasa pembuat furniture bertahun – tahun. Perlu anda ketahui bahwa banyak sekali merek HPL dipasaran yang dijual dengan berbagai merek dan harga. Namun yang sering saya gunakan adalah HPL by TACO. Karena HPL by TACO ini memiliki kualitas yang bagus dengan harga yang wajar. Banyak sekali HPL yang lebih murah namun kualitas tidak memuaskan. Maka yang akan saya bahas adalah kekurangan dan kelebihan HPL by TACO :

Kelebihan

1. Banyak Motif 

HPL memiliki bermacam ragam motif dan warna permukaan yang dapat kita gunakan, dan dari berbagai ragam tersebut yang paling banyak merupakan corak dan warna kayu berbagai jenis. Ada pula warna dan kesan metalik. Anda tinggal memilih sesuai mood dan interior anda.

2. Proses Pengerjaan Relatif Cepat 

Jika anda memesan furniture dengan finishing HPL, maka pengerjaannya tidak memerlukan waktu yang lama karena tidak memerlukan tukang finishing semprot.

3. Harga Terjangkau

Dengan berbagai motif yang menarik. Finishing HPL juga tidak akan menguras kantong anda.

4. Tahan Gores

Finishing HPL memiliki ketahanan yang cukup kuat terhadap goresan-goresan atau senggolan benda-benda tajam. Karena tahan terhadap goresan maka tampilan HPL akan tetap seperti sediakala untuk waktu yang cukup lama.

5. Tahan Air

Permukaan HPL tidak akan rusak atau berubah warna jika terkena air ataupun minyak. Yang saya bahas merupakan permukaan HPl, bukan sambungan HPL.

6. Perawatan Sangat Mudah

Permukaan HPL cukup dilap dengan air atau cairan pembersih maka HPL akan bersih seperti semula.

Kekurangan

1. Tidak Terlalu Tahan Panas

Berhubung pemasangan hpl menggunakan lem, maka hal tidak mampu menyerap panas dalam waktu yang lama. Jika terpapar suhu panas yang sangat lama akan menimbulkan kembung pada permukaan hpl tersebut. Namun masalah ini jarang terjadi jika furniture atau kitchen set anda didesain dengan baik dan jauh dari sumber panas.

2. Tidak Cocok Untuk Outdoor 

Berhubung HPL tidak tahan terhadap panas yang berlebih. Maka bahan ini tidak cocok untuk outdoor.

3. Mudah Compel

Bagian paling rentan dari furniture yang dilapisi HPL adalah di sudut-sudut tajam pertemuan 2 sisi. Jika tidak dikerjakan dengan baik maka HPL bisa dengan mudah pecah atau terlepas sebagian. Nah sebetulnya kekurangan ini disebabkan oleh “skill” tukang yang kurang baik. Jika pengerjaan furniture dengan finishing HPL dikerjakan oleh tukang yang berpengalaman maka masalah HPL yang mudah compel bisa diatasi.

 

Demikian kelebihan dan kekurangan finishing hpl. Semoga bermanfaat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: