Lantai Semen yang Trend dan Unik
04/20/2018
4 Tips Membersihkan Dapur Dengan Cepat
05/08/2018

Mau Istirahat Lebih Nyaman? Lampu Tidur Adalah Salah Satu Solusinya

Tiga Mitra Mandiri – setiap orang berbeda soal definisi ‘nyaman’ saat tidur. Ada yang merasa nyaman saat tidur dengan lampu yang temaram. Ada juga yang mengatakan sangat nyaman untuk tidur apabila kamar dalam kondisi gelap akibat lampu kamar dimatikan. Nah, bagi Anda tergolong tipe orang yang nyaman tidur dalam kondisi cahaya temaram, Anda memerlukan penerangan khusus selain primary lighting kamar Anda. Primary lighting adalah pencahayaan dari lampu yang menerangi sebuah ruangan secara menyeluruh. Penerangan khusus inilah yang berperan sebagai sumber penerangan dengan cahaya yang temaram. Task lighting adalah salah satu varian dari penerangan khusus yang dimaksud.

Task lighting memiliki cukup banyak ragam. Sebut saja salah satunya adalah lampu meja/ table lamp yang umumnya diletakan di atas meja dan dijadikan sebagai sumber penerangan meja. Ada juga lampu gantung yang juga memmiliki fungsi yang sama dengan lampu meja. Apapun jenis task lighting, intensitas cahaya yang dihasilkan oleh task lighting biasanya lebih rendah daripada primary lighting karena perannya hanya sebagai sumber cahaya untuk area tertentu saja.

Task lighting yang berperan sebagai lampu tidur, umumnya dipasang dengan cara digantung. Desainnya juga lebih menarik dan variatif. Tentu lampu semacam ini jauh lebih menguntungkan karena dapat dijadikan sebagai aksen yang memancarkan keindahan tersendiri. Lampu gantung dapat menghemat ruang sehingga kita tidak memerlukan furniture khusus untuk meletakannya. Model lampu semacam ini sangat cocok diaplikasikan untuk kamar dengan luas terbatas. Ada sebuah tips untuk Anda yang hendak mengganti lampu tidur Anda dengan lampu tidur yang baru, yaitu pilih lampu tidur yang memiliki kap atau shade agar cahaya lampu tidak menyebar sepenuhnya ke seluruh area kamar. Shade juga dapat membantu penciptaan cahaya yang temaram sehingga tidur pun akan jauh lebih nyaman.

Referensi lampu tidur lainnya yang juga mampu menghasilkan efek cahaya yang temaram yaitu indirect lighting. Indirect lighting adalah jenis penerangan yang dipasang di bagian belakang plafon gantung di sebuah ruangan. Jenis penerangan ini menghasilkan pendar cahaya di ruangan di mana lampu ini dipasang. Pendaran cahaya yang temaram seperti ini tentunya juga membuahkan tampilan  pencahayaan yang dramatis dan elegan.

Nah, agar hemat, gunakan lampu jenis LED karena jenis lampu ini mampu menghemat energi. Pilihlah lampu tidurdengan pancaran cahaya kuning karena warna kuning terkesan hangat sehingga cocok untuk kamar tidur. Bila perlu tambahkan dimmer sebagai pengatur intensitas cahaya agar Anda dapat mengatur cahaya dengan mudah dan cepat sesuai dengan kebutuhan dan aktivitas Anda.

Bagaimana, berminat? Kira-kira jenis lampu tidur mana yang Anda minati? Apapun jenis lampu tidur yang Anda pilih, pastikan lampu pilihan Anda membuat Anda nyaman selama beristirahat malam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: