Tips Mendesain Perpustakaan di Dalam Rumah
06/07/2018
Rumah Baru, Pastikan Tidak Ada Racun
06/28/2018

Mengenal 4 Jenis keramik Lantai Dipasaran

Tiga Mitra Mandiri – Sebelum membahas Jenis ikeramik apa saja yang di pasaran, berikut penjelasan tentang keramik: Istilah keramik sebenarnya diambil dari kata keramikos yang berarti suatu bentuk atau wujud yang dibuat dari tanah liat dan sudah mengalami proses pembakaran untuk mengeraskannya. Kata tersebut berasal dari bahasa Yunani. Sebenarnya seperti yang kita ketahui bahwa keramik memang memiliki jenis yang banyak sekali dalam hal fungsi. Tetapi kali ini kita hanya akan membahas khusus keramik untuk lantai.

Tentu Anda sudah sering mendengar istilah keramik KW entah itu KW 1, KW 2, atau KW 3. Istilah tersebut biasanya cukup membingungkan untuk orang yang masih awam di bidang keramik. Jangankan kualitas dan jenisnya, bahkan tidak sedikit orang yang belum memahami ciri – ciri fisiknya.

Sebenarnya cukup sederhana bahwa keramik yang diberi label KW merupakan istilah untuk memperlihatkan kualitas dari keramik tersebut. Makin tinggi angka label keramik tersebut, maka berarti kualitas dan fisiknya semakin bagus. Misalnya saja KW 1 lebih baik dari KW 2, demikian pula seterusnya.

Setidaknya ada beberapa jenis umum keramik lantai yang dapat dijumpai di pasaran. Berikut ini adalah ulasan rincinya.

Keramik Biasa

Keramik jenis seperti ini sangat mudah untuk dijumpai di pasaran. Pasalnya produksi keramik ini memang lebih tinggi bila dibandingkan dengan keramik jenis lainnya. Bahkan keramik ini dapat dijumpai di toko bangunan yang paling kecil sekalipun.

Keramik biasa ini hadir dalam ukuran yang sangat beragam mulai dari 30 cm persegi sampai 80 cm persegi. Selain itu, ada pula keramik yang berukuran memanjang, termasuk keramik berukuran 15 x 30 cm.

Keramik Teraso

Jenis keramik yang satu ini termasuk jenis yang paling diminati, bahkan sejak era 70an. Jenis keramik teraso juga digemari oleh orang – orang yang ingin mendapatkan tampilan tradisional dan etnik. Ukuran yang tersedia di pasaran sangat beragam mulai dari ukuran 20 x 20 cm hingga keramik berukuran 60 x 60 cm. Jenis keramik ini biasanya sering dijumpai di cafe, rumah makan, bahkan villa yang mengusung arsitektur mediteranian, tradisional, atau bahkan klasik.

Keramik Granit Alam

Keramik lantai ini sering digunakan oleh masyarakat kalangan menengah hingga kalangan kelas atas. Jenis keramik ini mampu membuat rumah terlihat lebih asri. Pasalnya, jenis keramik ini merupakan hasil tambang dari alam. Dari segi harga, keramik granit alam termasuk jenis yang paling mahal bila dibandingkan dengan jenis keramik lain.

Homogeneous Tile

Ini adalah keramik yang sengaja dibuat dengan meniru bentuk fisik dari batu marmer atau granit alam. Jenis keramik ini di pasaran biasanya hadir dalam ukuran besar mengikuti trend sekarang ini misalnya ukuran 40 x 40, 60 x 60, dan bahkan ada yang sampai 100 x 100.

Demikian sedikit ulasan mengenai jenis keramik lantai yang ada di pasaran. Semoga Anda dapat menemukan jenis keramik yang paling sesuai untuk lantai rumah Anda, semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: