Kitchen set merupakan istilah untuk menggambarkan dapur modern yang terdiri dari kabinet untuk menyimpan peralatan dapur. Kitchen biasanya dibuat sesuai ukuran dapur atau sesuai dengan keinginan pemiliknya. Dengan adanya kitchen set, dapur anda akan semakin menarik dan fungsional. Ada 2 opsi untuk memilih kitchen set, yaitu bisa memesan di toko-toko atau memesan secara custom (sesuai keinginan anda).

Pengukuran kitchen set yang tepat akan membuat dapur anda semakin nyaman dan pastikan tidak terlalu sempit atau t erlalu lebar agar memudahkan saat aktivitas lalu lalang di dapur.  Ada beberapa ukuran standar yang sangat penting untuk diperhatikan saat membuat atau membeli kitchen set. Berikut penjelasannya :

1.Kabinet Bawah 

Tentunya, hal pertama yang harus diperhatikan adalah kabinet bawah yang berfungsi untuk tempat memotong, tempat sink dan kompor. Ukuran lebar kabinet bawah sesuai standar internasional adalah 60cm. Ini pasti muat untuk meletakkan hampir semua kompor dan sink yang dijual di pasaran. Jika lebar terlalu sempit, maka kompor ataupun sink tidak bisa dimasukkan.

2. Meja Dapur

Semua aktivitas memasak adalah dimeja dapur. Seperti memotong, blender, meletakkan kompor ataupun sink. Sehingga pastikan tinggi meja dapur tidak terlalu rendah atau tidak terlalu tinggi agar memudahkan aktivitas. Ukuran Standar tinggi meja dapur adalah 75-85 cm atau sesuai dengan proporsi tubuh pemilik. Namun rata-rata untuk tinggi meja dapur diindonesia adalah 80cm.

3. Kabinet Atas

Kitchen set seringkali dilengkapi dengan kabinet atas atau lemari atas untuk menyimpan barang-barang seperti pecah belah atau sesuai selera pemilik. Sehingga ketinggiannya juga perlu diperhatikan agar memudahkan sat mengambil barang. Standar jarak meja dan kabinet bagian bawah adalah 80cm. Jika jarak terlalu sempit, maka akan mengganggu aktivitas di meja dapur seperti memotong, cuci piring, menggoreng, dll. Serta jarak juga jangan terlalu tinggi agar tidak kesulitan ketika mengambil barang.

Selanjutnya, perhatikan lebar kabinet atas. Lebar kabinet atas harus kurang dari kabinet bawah agar kepala tidak terbentur ketika melakukan aktivitas di meja dapur. Ukuran standar internasional untuk lebar kabinet atas adalah 40cm.

4. Panjang Keseluruhan Kitchen Set

Untuk panjang area kitchen set sebenarnya sangat relatif, karena tergantung dari ukuran ruangan dapur. Namun, ukuran ideal untuk kompor atau sink adalah 80-100 cm sehingga minimal untuk ukuran kitchen set adalah 2,5 meter.

Kitchen Set Custom

5. Cooker Hood

Cooker Hood adalah kipas yang diletakkan diatas kompor yang berfungsi untuk menyerap asap yang kemungkinan berbau tak sedap. Sehingga ukurannya juga harus tepat. Jarak standar Cooker Hood adalah +80 cm agar memudahkan aktivitas memasak.

6. Kaki Kitchen Set

Usahakan anda menyisakan sekitar 10cm dari lantai untuk digunakan tempat kaki anda. Karena jika kaki kitchen set dibuat lurus, maka kaki anda akan mudah terbentur. Jadi sebaiknya sisakan jarak sekitar 10 cm agar kaki tidak mudah menabrak kaki kitchen set.

 

Demikian uraian mengenai ukuran kitchen set. Semoga bermanfaat. Kami siap membantu jika anda membutuhkan jasa kitchen set. Anda bisa memesan kitchen set sesuai dengan keinginan anda, mulai dari bentuk, ukuran, warna, dll. Jangan sungkan-sungkan untuk konsultasi dengan kami karena kami menyediakan konsultasi gratis. Selain itu, anda akan mendapat desain 3D secara gratis dari kami. Desain yang kami berikan sesuai dengan ide yang anda berikan.

Baca Juga :

Tips Memilih Rak Sepatu

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: