jasa pembuatan tempat tidur
Pengaruh Warna Pada Interior Furniture
08/26/2021

Tips Menentukan Ukuran Lemari Pakaian

lemari pakaian custom

Lemari pakaian yang tepat tidak hanya berfungsi sebagai tempat menyimpan pakaian, tetapi juga berfungsi untuk menambah kesan dekorasi pada ruangan. Hal yang harus diperhatikan selain dari desain lemari pakaian adalah ukurannya. Pastikan ukurannya sesuai dengan ruangan anda. Sebelum membeli lemari pakaian, yuk simak standar ukuran lemari pakaian berikut :

1. Panjang

Biasanya, panjang lemari dihitung dari jumlah pintu. Mulai dari ukuran lemari pakaian 1 pintu hingga 4 pintu. Standar panjang pintu untuk lemari dengan sistem buka/engsel biasanya adalah 50 cm hingga 60 cm. Jadi, jika ingin memiliki lemari dua pintu, Anda perlu mengalokasikan ukuran ruang minimal 100 cm hingga 120 cm. Sama halnya dengan ukuran lemari pakaian 4 pintu, yaitu berkisar 200 cm sampai 240 cm.

Namun,  jika anda menginginkan lemari dengan pintu geser/sliding. Ukuran satu daun pintu untuk lemari ini bisa lebih panjang, yaitu mulai 55 cm hingga 120 cm, tergantung ukuran triplek/hpl-nya. Jadi, Anda dapat memiliki ukuran lemari pakaian 2 pintu sliding dengan panjang 240 cm jika menggunakan jenis pintu ini lho.

2. Lebar

Biasanya, ukuran standar lebar lemari adalah 60 cm. Namun, ada juga ukuran lemari kecil yang hanya memiliki lebar 45 cm. Jadi, pastikan dulu kebutuhan penyimpanan pakaian Anda sebelum membelinya. Jika ingin menggantung baju di dalam lemari, ada baiknya Anda memperhatikan ukuran lemari berdasarkan lebar ini. Karena jika salah memilih, baju yang digantung dapat terlipat ketika pintu ditutup. Perlu diketahui, ukuran hanger biasa berkisar antara 35 cm sampai 40 cm.

Selain itu, yang perlu diperhatikan adalah lebar lemari yang bertambah ketika pintu dibuka. Hal ini tentunya berlaku bagi Anda yang menggunakan lemari dengan pintu engsel. Pastikan Anda memiliki ruangan yang cukup untuk membuka pintu lemari. Jika ruangan anda memiliki luas yang terbatas, anda bisa menggunakan lemari pintu sliding agar saat membuka pintu tidak memakan banyak tempat.

3. Tinggi

Tinggi lemari disesuaikan dengan tinggi badan penggunanya dan juga tinggi ruangan tempat lemari itu diletakkan. Namun pada umumunya, standar tinggi lemari berkisar dari 180 cm hingga 200 cm. Tapi, bagi Anda yang merasa ingin memiliki tempat penyimpanan yang lebih banyak, Anda dapat menggunakan lemari 2 susun maupun jenis floor-to-ceiling.

Lemari dengan jenis floor-to-ceiling ini memiliki banyak keunggulan. Selain karena dapat menyimpan lebih banyak baju dan perabot lainnya, lemari ini juga bisa membuat ruangan lebih bersih. Karena, Anda tidak perlu khawatir dengan bagian atas lemari yang berdebu mengingat lemari didesain hingga menyentuh plafon.

4. Jarak antar rak

Jarak antar rak/ambalan ini biasanya memiliki tinggi antara 40 cm hingga 80 cm, tergantung kebutuhan pemiliknya. Semakin tinggi jaraknya, tentu akan semakin banyak kapasitas penyimpanannya. Anda yang berminat memiliki lemari dengan rak di dalamnya dapat menentukan terlebih dahulu banyak pakaian atau perabot yang ingin diletakkan.

5. Batang gantung baju

Batang gantungan baju sangat cocok untuk menyimpang dress, kemeja, maupun jas. Semakin banyak baju yang ingin digantung, tentu membutuhkan ukuran batang yang lebih panjang. Namun, hal ini dapat diatasi dengan memiliki batang gantung bertingkat. Anda dapat mengatur jaraknya sesuai kebutuhan. Misal, batang yang satu diletakkan dengan jarak yang lebih tinggi karena dapat digunakan untuk menyimpan baju dengan ukuran yang lebih panjang.

nah, jika sudah mantap kami Tiga Mitra Mandiri siap melayani segala macam desain lemari pakaian. Anda bisa memesan secara custom & menyesuaikan budget anda.

baca juga :

Pengaruh Warna Pada Interior Furniture

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: